Kamis, 17 Mei 2012

Nissan GT-R

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Nissan GT-R adalah mobil sport yang dibuat oleh Nissan, dikeluarkan di Jepang pada 6 Desember 2007, Amerika Serikat pada 7 Juli 2008, dan seluruh dunia pada Maret 2009.[3][4][5]
Nissan GT-R merupakan mobil sport terbaru yang dibuat di Jepang dan menggunakan mesin V6 dan twin-turbo dan transmisi automatik
Mesin V6 terbaru adalah 3.8-liter VR38DETT (dengan mesin twin-turbo) , menghasilkan 485 HP dan 588 NM pada 6400 rpm.

Sejarah

Nissan Skyline GT-R

Antara tahun 1969 hingga 1974, dan antara tahun 1989 hingga 2002, Nissan mencoba memproduksi versi performa yang lebih tinggi dari jajaran Skyline yang kemudian disebut sebagai Nissan Skyline GT-R.
Nissan GT-R, walaupun tidak lagi mencantumkan nama "Skyline" lagi, masih termasuk dalam generasi penerus mobil sport NIssan Skyline GT-R, dan oleh sebab itu juga, kode sasisnya CBA-R35, atau R35... NIssan GT-R R35 juga dipanggil "Godzila", nama panggilan yang sebenarnya "dimiliki" oleh Nissan Skyline GTR BNR32...

Produksi

Versi resmi Nissan GTR ditampilkan pada acara 2007 Tokyo Motor Show, dan dilansir di Jepang pada 6 Desember 2007. Di US, Nissan GTR secara resmi diluncurkan pada 7 Juli 2008. Karena mesin dan sistem transminsinya merupakan buatan tangan, produksi Nissan GTR dibatasi menjadi 1000 unit per bulan.

Spesifikasi

Mesin V6 3800cc VR38DETT DOHC 24 katup dengan VVEL
Turbo: Ganda dari Ishikawajima-Harima Heavy industries (IHI) sistem parallel
Tenaga maksimum: 485 hp di 6400 rpm (530 hp di versi 2010-2012, & 550 hp di versi 2013)
Torsi maksimum: 588 Nm di 3200-5200 rpm (612 Nm di versi 2010-2012, & 632 Nm di versi 2013)
Putaran mesin maksimum: 7000 rpm
Peletakan mesin: Premium Midship (mesin di depan tengah)
Roda penggerak: Semua roda (AWD)
Berat kotor: 1730 kg
Kecepatan puncak: 311 km/jam
Akselerasi 0 ke 100 km/jam: 3,5 detik
Hambatan angin: 0.27 Cd
Harga: US$ 80.790 sampai US$ 95.000

Desain

Shiro Nakamura, kepala desain Nissan, mengatakan bahwa desain Nissan GT-R terinspirasi dari seri robot raksasa Gundam. Nakamura juga menyatakan "GT-R adalah mobil unik karena bukan berasal dari salinan mobil sport yang dirancang di Eropa, melainkan harus benar-benar mencerminkan kebudayaan Jepang". Nakamura mencatat bahwa garis persegi dan ventilasi GT-R dipengaruhi oleh desain robot Gundam. Desainer Nissan Amerika memahat tiga perempat belakang kendaraan, sementara desainer Eropa mereka meahat garis atap. Polyphony Digital, pencipta seri video game balap Gran Turismo, terlibat dalam pengembangan nilai GT-R itu sendiri, yang telah dikontrak untuk merancang tampilan layar dasbor multifungsi GT-R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar